5 Rahasia Sukses Investor/Trader Saham Kelas Dunia (GRATIS)

Di antara rahasia sukses bertransaksi saham syariah di Bursa Efek adalah sikap kita untuk segera melakukan upgrade pola pikir bahwa transaksi saham bukanlah praktik judi, akan tetapi sebuah transaksi bisnis layaknya transaksi bisnis yang biasa kita lakukan di sektor riil.

Untuk memastikan bahwa transaksi saham yang kita lakukan sudah sesuai dengan kaidah hukum Islam adalah dengan memastikan tidak adanya unsur gharar dalam transaksi tersebut.
Gharar adalah salah satu unsur yang dilarang dalam transaksi komersial. Namun, tidak seperti riba, larangannya tidak mutlak karena beberapa jenis gharar dapat ditoleransi. Yang harus dihindari seseorang yang bertransaksi hanya ketidakpastian yang berlebihan.

Definisi Gharar
Gharar secara harfiah berarti risiko. Secara teknis, itu adalah sesuatu yang probabilitas mendapatkannya dan tidak mendapatkannya hampir sama, “sesuatu yang perolehannya tidak pasti dan sifat serta kuantitasnya yang sebenarnya tidak diketahui.” (Mu’jam ISRA, 2010: 131)

Adapun penyebab larangan tersebut dapat kita rangkum sebagai berikut:

1. Ketidakpastian keberadaan dan hasil transaksi di masa depan. Misalnya Anda ingin membeli burung di langit dari penjual A. Keberadaan burung itu tidak pasti di masa depan. Jadi, itu adalah ketidakpastian yang berlebihan.

2. Ketidakpastian kepemilikan. Misalnya, penjualan barang yang tidak ada kepemilikannya atau kepemilikannya tidak lengkap.

3. Ketidakcukupan dan ketidaktepatan informasi seperti jenis bentuk, jumlah dan berat.

4. Permainan kesempatan murni, seperti judi

Tingkatan Jenis Gharar
1. Gharar Yasir, yaitu ketidakpastian yang ringan, sehingga dapat dengan mudah ditoleransi oleh kedua belah pihak.

2. Gharar Mutawassit, yaitu ketidakpastian tingkat menengah. Para ahli hukum Islam dapat memiliki perspektif yang berbeda berdasarkan ijtihad dengan mengaitkannya dengan sedikit ketidakpastian atau ketidakpastian yang berlebihan.

3. Gharar Fahish, yaitu ketidakpastian yang berlebihan. Nah, ketidakpastian jenis inilah yang secara jelas dilarang untuk ditransaksikan, seperti menjual burung di langit.

Untuk mengetahui lebih lanjut penjelasan gamblang tentang “Rahasia Sukses Saham Syariah”, segera block seat Anda dengan menghubungi link WA berikut:

https://wa.me/6281318417841

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami